Sastra Untuk Kemanusiaan


Pertemuan Hemingway dengan Salinger

Dalam sebuah artikel bertajuk “Sonny, An Introduction” yang termuat di majalah Time tahun 1961, John Skow memberikan laporan tentang pertemuan JD Salinger dengan Ernest Hemingway selama Perang Dunia II sebagai berikut: “Di Prancis, Sersan Staf Salinger mengadakan audiensi dengan Koresponden Perang Ernest Hemingway, yang membaca karya Salinger, dan mungkin sebagai penghargaan atas hal itu (‘Yesus, dia memiliki bakat yang luar biasa’), mengeluarkan Luger-nya dan menembak kepalanya”.

Pada tahun-tahun berikutnya, hampir setiap kritik dari Salinger telah menyampaikan beberapa versi dari kisah ini. Namun, ketika peringatan setengah abad mitos yang janggal dan tidak terkenal itu semakin dekat, inilah saatnya, akhirnya, untuk membuat catatan yang lurus.

Sayangnya, mitos tersebut telah menyebabkan para ilmuwan mengabaikan fakta bahwa bertemu dengan Hemingway selama Perang Dunia II adalah peristiwa yang paling diabaikan oleh Salinger sebagai seorang penulis. Mengingat pertemuan itu melibatkan dua penulis paling berpengaruh pada abad ke-20, penjelasannya sulit untuk dipahami. Salinger meninggal bulan Januari pada usia 91; Hemingway, yang meninggal pada tahun 1961, lahir 111 tahun yang lalu di hari Rabu ini.

Menurut banyak sumber, Salinger pertama kali bertemu Hemingway di Hotel Ritz setelah pembebasan Paris pada tahun 1944. Beberapa minggu kemudian, dalam surat yang bertanggal 4 September 1994, Salinger mengatakan kepada editornya, Whit Burnett dari Story Magazine, bahwa dia bertemu Hemingway yang bersikap lembut dibandingkan dengan sikap keras dan tegas seperti dalam prosa-nya. Salinger juga mengatakan bahwa Hemingway murah hati, ramah dan tidak terkesan sombong oleh reputasinya sendiri.

Salinger berpendapat bahwa Hemingway menyukai penulis yang sama seperti dirinya sendiri dan dia benar-benar membatasi ruang dalam literatur. Meskipun, sayangnya, Salinger tidak membahas secara detail tentang sebagian besar penulis yang mereka diskusikan, ia menyebutkan bahwa Hemingway memiliki kekaguman lebih yang untuk karya William Faulkner.

Kesan pertama Salinger tentang Hemingway menunjukkan kekagumannya tentang perbedaan antara pribadi Hemingway dalam publik dan ketika menulis, dan ketika surat itu sampai kepada Burnett, ia menekankan tidak hanya kerendahan hati Hemingway, tetapi juga kemurahan hatinya. Hemingway memberi tahu Salinger bahwa dia mengingatnya dari salah satu ceritanya di Esquire, dan dia meminta untuk membaca salah satu kisah baru Salinger.

Setelah Salinger memberi Hemingway “The Last Day of the Last Furlough”, dari The Saturday Evening Post, Hemingway mengatakan dia menikmati ceritanya. Di luar fakta bahwa Hemingway mengetahui Salinger dari pekerjaannya (orang hanya bisa bertanya-tanya bagaimana perasaan Salinger), semangatnya yang dermawan kepada penulis muda itu melampaui token isyarat. Salinger menyelesaikan ceritanya tentang pertemuan itu dengan memberi tahu Burnett bahwa Hemingway adalah pria yang baik dan bahwa setelah membaca karyanya, Hemingway mengatakan dia akan menulis beberapa surat atas nama Salinger, tetapi Salinger menolak tawaran tersebut.

Kesaksian Salinger tentang pertemuan itu, tentu saja, sangat berbeda dengan John Skow and Time’s. Namun, keterkejutan Salinger pada kerendahan hati dan kemurahan hati Hemingway telah terungkap jelas bagaimana orang lain tidak menghiraukan pertemuan antara kedua penulis. Penolakan seperti itu sejalan dengan tren kritis generalisasi dan stereotipe mitos yang telah lama dipegang oleh Papa Hemingway.

Namun, dari mitos yang tidak jelas dan fiksi lainnya yang dilaporkan, laporan tentang pertemuan antara Salinger dan Hemingway berpusat pada berbagai uraian tentang apa yang terjadi di Ritz. Dan meskipun beberapa sarjana telah mengisyaratkan kemungkinan bahwa penulis bertemu lebih dari satu kali, tidak ada yang dapat mengidentifikasi kapan atau di mana pertemuan tersebut mungkin terjadi.

Kesaksian saksi mata kunci dari satu pertemuan antara dua penulis berasal dari teman lama Salinger, Werner Kleeman. Dalam bukunya “From Dachau to D-Day”, Kleeman menyajikan laporan menyeluruh tentang kunjungan Salinger dengan Hemingway “satu malam suram sekitar jam 8 malam, ketika kami berdua tinggal di rumah yang sama di Zweifall”:

“(Salinger) berkata kepada saya, ‘Mari kita pergi dan mencari Hemingway’.  Dengan itu, kami mengenakan mantel kami, mengambil senter dan mulai berjalan. Setelah sekitar satu mil, kami menemukan sebuah rumah batu-bata kecil dan melihat penanda P.R.O, yang berarti ‘Public Relation Office’ (Kantor Hubungan Masyarakat). Beberapa langkah kemudian kami menemukan pintu samping, yang kami masuki.

“Di dalam kami menemukan Kapten Stevenson, yang bertanggung jawab atas kantor, dan ada Hemingway, berbaring di sofa. Dengan visor di dahinya, dia sibuk menulis di notes kuning. Kantor tersebut memiliki generator sendiri untuk membangkitkan listrik bagi wartawan perang yang telah check in untuk malam itu. Seluruh kota berbaring dalam kegelapan”.

Dan kemudian Kleeman menambahkan, “Selama ini saya duduk bersama Giant dan penulis muda yang penuh cita-cita, Salinger, yang telah menerbitkan beberapa cerita. Sementara kami menghirup sampanye dari cangkir aluminium, saya terpesona, berpikir bahwa saya berada di hadapan orang-orang berbakat dan mampu mengamati mereka dalam keadaan yang alami seperti itu.”

Kleeman memberikan pandangan sekilas tentang pertemuan Salinger dengan Hemingway selama perang. Karena pertemuan dengan Kleeman bukan pertama kalinya kedua penulis itu bertemu, dan karena Salinger menyarankan kunjungan itu, tampaknya Salinger merasa cukup nyaman pergi menemui Hemingway ketika momen itu muncul.

Sudah berapa banyak dugaan tentang pertemuan yang terjadi di antara kedua penulis itu, tetapi cerita Kleeman adalah petunjuk lain yang menunjukkan tingkat pengaruh Hemingway terhadap Salinger di masa-masa pembentukannya sebagai penulis.

Hemingway memberikan referensi kepada Salinger dalam surat tertanggal 3 September 1945, untuk penulis dan kritikus Malcolm Cowley. Hemingway memberitahu Cowley tentang seorang anak di Divisi ke-4 bernama Jerry Salinger. Hemingway mencatat tentang pandangan rendah seorang Salinger terhadap perang, keinginannya untuk menjadi penulis dan bahwa dia adalah penulis yang baik. Dia juga mengatakan bahwa keluarga Salinger mencintainya dan mengiriminya majalah, termasuk majalah New Yorkers.

Juga jelas bahwa Hemingway mengagumi karya Salinger pasca Perang Dunia II dan tampaknya tidak tersinggung sedikit pun oleh Holden Caulfield yang sering salah paham (atau salah membaca) “A Farewell to Arms” sebagai “buku palsu”.

Dalam memoarnya “Running With the Bulls”, Valerie Hemingway, yang bekerja sebagai sekretaris Hemingway dan kemudian menjadi menantunya yang telah wafat, menulis, “penulis kontemporer Amerika (Hemingway) yang paling dikagumi adalah JD Salinger, Carson McCullers, dan Truman Capote.” Hemingway juga membeli Valerie salinan “The Catcher in the Rye” tidak lama setelah mereka pertama kali bertemu di Spanyol pada tahun 1959.

Dan sebuah salinan “The Catcher in the Rye” terletak di perpustakaan Hemingway di rumahnya di luar Havana, Kuba, sebuah volume yang dikabarkan akan ditandatangani.

Pada akhirnya, seperti begitu banyak pertanyaan lain seputar Salinger, ukuran sebenarnya pengaruh Hemingway terhadapnya tidak pernah benar-benar diketahui. Namun, ini adalah saat untuk mengenali hubungan yang terbentuk antara dua penulis selama Perang Dunia II dan dampak mendalam yang ditimbulkannya pada Salinger di salah satu masa tersulit dalam hidupnya.

Selama minggu-minggu setelah kematian Salinger, teman-teman dekat dan kenalan seperti Lillian Ross dari New Yorkers akhirnya merasakan kebebasan untuk berbagi cerita tentang Salinger.

Kita hanya dapat berharap bahwa dalam bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang informasi lebih lanjut akan muncul yang akan membantu memperjelas dan mencerahkan tentang pengaruh Hemingway terhadap Salinger.

Satu detail yang akan membantu menggagalkan mitos-mitos yang keras kepala itu adalah surat yang ditulis Salinger kepada Kleeman pada 5 September 1961, hanya dua bulan setelah kematian Hemingway. Dalam surat itu, perasaan Salinger yang berutang kepada Hemingway dan “kebaikannya” selama perang menembus ke jantung dari semua yang telah dikatakan dan semua yang masih harus dikatakan mengenai perasaan Salinger tentang Hemingway:

“Aku punya perasaan,” tulis Salinger, “kau pasti sedih juga, karena fakta dan keadaan kematian Hemingway. Ingat rumah kecil tempat kami tinggal selama bisnis didalam Hutan Huertgen? Saya ingat kebaikannya, dan saya yakin Anda juga begitu.”

Dan seperti yang ditulis Salinger dalam surat Juli 1946 kepada “Poppa”, setelah Salinger mengalami gangguan mental, “pembicaraan yang saya lakukan dengan Anda di sini adalah satu-satunya menit penuh harapan dari seluruh bisnis.”

 

Cerita ini awalnya diterbitkan 18 Juli 2010 dengan judul When Hemingway Met Salinger’ oleh Bradley R. McDuffie
Artikel asli: https://www.kansascity.com/entertainment/arts-culture/article297629/When-Hemingway-met-Salinger.html

Pelangi Sastra Malang sebagai “terminal” sastra di kota Malang memiliki program-program dalam bidang kesusastraan di antaranya: mendokumentasikan karya-karya sastra yang lahir di Kota Malang dan sekitarnya, mengupayakan distribusi wacana sastra di kota Malang, memfasilitasi peluncuran karya sastra, beda buku sastra, membuat event-event panggung sastra, menjembatani pertemuan-pertemuan karya sastra dan karya seni lainnya, juga membangun jejaring dengan komunitas-komunitas sastra atau sastrawan di Indonesia dan dunia dan menerbitkan buku karya-karya sastra dan memasyarakatkan sastra.
Pelangi Sastra Malang sebagai “terminal” sastra di kota Malang memiliki program-program dalam bidang kesusastraan di antaranya: mendokumentasikan karya-karya sastra yang lahir di Kota Malang dan sekitarnya, mengupayakan distribusi wacana sastra di kota Malang, memfasilitasi peluncuran karya sastra, beda buku sastra, membuat event-event panggung sastra, menjembatani pertemuan-pertemuan karya sastra dan karya seni lainnya, juga membangun jejaring dengan komunitas-komunitas sastra atau sastrawan di Indonesia dan dunia dan menerbitkan buku karya-karya sastra dan memasyarakatkan sastra.
share on
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

baca juga tulisan lain

Pelangi Sastra Malang sebagai “Terminal” Sastra di kota Malang memiliki program-program dalam bidang kesusastraan di antaranya: mendokumentasikan karya-karya sastra yang lahir di kota Malang dan sekitarnya.

Setiap orang dapat berkontribusi dengan mengirimkan arsip karya sastra berupa cerpen, puisi maupun esai dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Karya tersebut dari warga asli Malang atau warga luar Malang yang sedang berdomisili di Malang
  2. Karya tersebut telah dimuat di media massa, media daring, majalah, buku, maupun telah dibahas dalam sebuah forum/acara terbuka
    Karya dikirimkan melalui alamat surel [email protected] dengan subjek cerpen/puisi/esai

Karya tersebut akan kami arsipkan secara digital di website https://pelangisastramalang.org

Griya Buku Pelangi adalah Toko Buku yang menyediakan berbagai kebutuhan buku Anda. Banyak pilihan yang kami terbitkan baik dari buku pendidikan dan kesastraan. Untuk pembelian bisa melalui online di Marketplace kami atau kontak kami melalui aplikasi chat yang tersedia.