Sastra Untuk Kemanusiaan


Penulisan Sejarah Sastra (2)

/1/

Sejarah sastra Indonesia agaknya dikuasai oleh paradigma nasionalitas. Paradigma ini terkesan menjadi kekuatan hegemonis dalam penulisan sejarah sastra Indonesia. Keadaan ini berlangsung hingga sekarang, setelah lebih satu abad sastra Indonesia. Tak heran, hampir semua historiografi sastra Indonesia senantiasa menempatkan, melihat, dan membicarakan sastra Indonesia; dalam hubungannya dengan negara-negara Indonesia. Sejarah sastra Indonesiapun terasa menjadi nasionalistis-ideologis. Ini berarti bahwa yang kita miliki adalah sejarah nasional sastra Indonesia.

Simaklah buku Sejarah Sastra Indonesia Modern karangan Bakri Siregar, Kesusastraan Baru Indonesia karya Zuber Usman, Pokok dan Tokoh I dan II atau Sastra Indonesia Modern I dan II karya A. Teeuw, Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia karya Ajip Rosidi, dan Lintasan Sastra Indonesia Modern karya Jakob Soemardjo. Dalam beberapa buku ini, modernitas, nasionalisme, transformasi bahasa Indonesia, dan pelbagai peristiwa nasional lain selalu muncul sebagai dasar dan titik tolak pembicaraan sastra Indonesia. Bisa dikatakan, buku-buku itu merupakan representasi atau manifestasi paradigma nasionalitas. Itu sebabnya, buku-buku itu pada dasarnya adalah buku sejarah nasional sastra Indonesia.

Ketika sastra Indonesia tak tumbuh dan berkembang sepesat sekarang, dalam arti pusat-pusat peristiwa sastra Indonesia masih terbatas di tempat tertentu, sejarah nasional sastra Indonesia bisa memberikan keuntungan berarti. Gambaran makro sastra Indonesia bisa disajikan tanpa terlalu banyak distorsi dan reduksi. Tapi, ketika sastra Indonesia sudah tumbuh dan berkembang begitu pesat seperti sekarang, di mana pusat-pusat peristiwa sastra Indonesia tumbuh dan berbiak di banyak kota atau daerah di Indonesia yang disangga media umum dan media sastra yang relatif banyak, sejarah nasional sastra Indonesia bisa mengalami distorsi dan reduksi secara berlebihan. Banyak peristiwa sastra Indonesiadi banyak daerah akan luput dari liputan, padahal tergolong penting dan berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan sastra Indonesia.

Itu sebabnya, sejarah nasional sastra Indonesia perlu didampingi sejarah lokal sastra Indonesia. Perjalanan eksistensial sastra Indonesia memerlukan sejarah lokal sastra Indonesia, misalnya sejarah sastra Indonesia di Surabaya, sejarah sastra Indonesia di Minangkabau, dan sejarah sastra Indonesia di Medan. Hal ini agar berbagai peristiwa sastra Indonesiadi daerah yang umumnya cuma dipandang peristiwa kecil sehingga luput dan terselip dari sejarah sastra Indonesiatak hilang begitu saja dan memberikan kesaksian perjalanan eksistensial sastra Indonesia. Dengan begitu distorsi dan reduksi berlebihan dari sejarah nasional sastra Indonesia bisa “dikompensasi” sejarah lokal sastra Indonesia. Sejarah sastra Indonesiapun bakal jadi pluralistis.

 

/2/

Penulisan sejarah lokal sastra Indonesia, sayang bisa dikatakan belum banyak dikerjakan. Kita belum pernah melihat adanya historiografi sastra Indonesia khusus dari berbagai kantong budaya, seni, dan sastra di berbagai tempat/daerah di Indonesia, misalnya Solo, Yogyakarta, Bandung, Makassar, Padang, Medan, Bali, dan Surabaya. Berbagai tulisan Suripan Sadi Hutomo mengenai berbagai segi perkembangan sastra Indonesia di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, memang bisa dianggap karya rintisan sejarah lokal sastra Indonesia, tapi belum bisa dikatakan sebagai historiografi lokal sastra Indonesia yang utuh-bulat dan memadai. Yan Sehandi, yang begitu getol dan gigih menulis sejarah lokal sastra Indonesia di NTT adalah tokoh lain yang memberi sumbangan bagi penulisan sejarah lokal sastra Indonesia.

Namun, di tengah kecenderungan penulisan sejarah nasional sastra Indonesia dan relatif langkanya penulisan sejarah lokal sastra Indonesia, tulisan Suripan dan Yan Sehandi serta karya nama lain yang masih bisa disebut tetap contoh karya rintisan yang penting mengenai sejarah lokal sastra Indonesia. Ini perlu ditindaklanjuti oleh para sejarahwan sastra. Sudah waktunya para sejarahwan sastra menulis sejarah lokal sastra Indonesia.

Penulisan sejarah lokal sastra Indonesia tersebut sudah mendesak dewasa ini. Sebabnya, kantong-kantong budaya dan sastra Indonesia sekarang sudah demikian banyak dan malah mengagumkan, muncul di berbagai daerah di Indonesia yang dulu sama sekali tak pernah kita dengan atau ketahui, misalnya Makassar, Sumenep, Blitar, Ngawi, Mataram, Banjarmasin, NTT, dan Banyuwangi, bahkan Papua. Juga perdebatan sastra, kegiatan bersastra, dan penerbitan sastra banyak muncul di pusat-pusat baru perkembangan sastra Indonesia, tidak hanya di pusat-pusat lama perkembangan sastra Indonesia. Makassar dan NTT, misalnya, telah tumbuh menjadi pusat baru sastra Indonesia yang disangga oleh berbagai media umum dan media sastra serta penerbitan.

Semua itu jelas perlu dicatat dalam sejarah sastra Indonesia agar tak terlupakan atau hilang. Dan, sejarah lokal sastra Indonesiayang harus mencatatnya. Sejarah lokal sastra Indonesia ini niscaya bisa menjadi sejarah-sejarah kecil sastra Indonesia yang menyelamatkan dan mengawetkan berbagai peristiwa sastra Indonesia di berbagai tempat di Indonesia yang cenderung diluputkan atau dilupakan oleh sejarah nasional sastra Indonesia yang memang hanya menjadi hikayat besar-tunggal yang berisi peristiwa-peristiwa (yang dianggap) besar.

 

Lahir pada tanggal 27 Maret 1962 di Madiun, Jawa Timur. Saat ini menjadi Guru Besar di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Pelanggan fanatik Kafe Pustaka-Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
Lahir pada tanggal 27 Maret 1962 di Madiun, Jawa Timur. Saat ini menjadi Guru Besar di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Pelanggan fanatik Kafe Pustaka-Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
share on
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pelangi Sastra Malang sebagai “Terminal” Sastra di kota Malang memiliki program-program dalam bidang kesusastraan di antaranya: mendokumentasikan karya-karya sastra yang lahir di kota Malang dan sekitarnya.

Setiap orang dapat berkontribusi dengan mengirimkan arsip karya sastra berupa cerpen, puisi maupun esai dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Karya tersebut dari warga asli Malang atau warga luar Malang yang sedang berdomisili di Malang
  2. Karya tersebut telah dimuat di media massa, media daring, majalah, buku, maupun telah dibahas dalam sebuah forum/acara terbuka
    Karya dikirimkan melalui alamat surel [email protected] dengan subjek cerpen/puisi/esai

Karya tersebut akan kami arsipkan secara digital di website https://pelangisastramalang.org

Griya Buku Pelangi adalah Toko Buku yang menyediakan berbagai kebutuhan buku Anda. Banyak pilihan yang kami terbitkan baik dari buku pendidikan dan kesastraan. Untuk pembelian bisa melalui online di Marketplace kami atau kontak kami melalui aplikasi chat yang tersedia.