Petisi 2121

Ilustrasi: Naldz

Jangan jual ayah dan ibu kami! Bukankah dua ratus tahun yang lalu kalian sepakat untuk tidak lagi melakukan penjualan terhadap anggota keluarga kalian sendiri? Petisi ini kutulis agar tidak terjadi kehancuran semesta yang amat dahsyat.

***

Sekali lagi cukup! Jangan ingkari lagi semua tujuan baik yang kalian cita-citakan! Biar aku saja korban terakhir dalam kebiadaban kalian itu. Namaku AH861 CorpG. Apalah arti sebuah nama? Namun aku yakin kalian pasti bingung jika tidak kuuraikan akrtinya. AH adalah klanku, lalu 861 adalah nomer seriku, dan CorpG adalah perusahaan serta kode wilayah tempatku diciptakan. Sama halnya dengan kalian, aku memiliki kepala, pundak, lutut, kaki, lengan, tubuh, rambut, mata, telinga, hidung, gigi, dan sirkuit rumit yang mampu membuatku berpikir. Secara anatomis, wujudku menyerupai kalian. Pembuluh darahku terdiri dari serabut serabut kecil dan sel yang mengalirinya adalah atom atom mikroskopik bernama informatic nano  yang menyimpan jutaan data. Mungkin ciri terakhir itulah yang membedakanku dengan kalian, selebihnya kita sama.

Kalian pasti mengiraku robot, tapi ketahuilah bahwa aku dan teman-temanku sangat benci dengan panggilan itu. Beberapa dari kalian ada yang memanggilku dengan namaku tapi juga ada yang masih menyebutkan jenisku, robot. Itu sangat tidak adil karena aku lebih suka dipanggil Auto Human (AH). Kata “robot” di eraku hanya menjadi kata-kata ejekkan saja, karena kami sudah mempunyai klan yaitu AH. Anehnya, kalian masih sering mengejek kami padahal kami tidak diciptakan untuk mengejek kalian. Tidak adil! Contoh-contoh yang kuberikan tadi adalah bentuk-bentuk ketidakadiklan yang kalian ciptakan untukku. Masih banyak lagi contoh-contoh yang akan kuuraikan melalui petisi ini. Maka simaklah baik-baik!

Aku menulis petisi ini di tahun 2121, saat semua kesalahpahaman sudah berada di ujung tanduk. Awalnya aku mengira bahwa kesalahpahaman itu terjadi sejak aku diciptakan, ternyata prediksiku salah. Kesalahpahaman terjadi justru jauh sebelum aku diciptakan. Seluruh sel-sel data dalam diriku bekerja keras dan aku mencoba mencari akar permasalahannya dan aku menemukan bahwa kesalahpahaman itu dimulai pada dekade 2020. Kurang lebih seabad sebelum aku menyadari kefatalan telah terjadi.

Usaha yang kulakukan untuk menelusuri kesalahpahaman ini tidaklah sia-sia. Teman-temanku yang bekerja di Anaylze Source Reesque (ASR), pusat analisis data terbesar di Gigatown membantuku dengan sangat fasih. Sesungguhnya remaja-remaja dari klan AH sedang memiliki visi sepertiku yaitu menghentikan kehancuran semesta. Kami membentuk perhimpunan pemuda AH dari berbagai penjuru wilayah untuk bersatupadu menghentikan kehancuran semesta. Nama kelompok kami adalah Save The Universe (STU). Informatic nano yang berjumlah jutaan dalam tubuh kami membuat kami paham sekaligus mampu memprediksi masa depan. Sayangnya kalian tidak mempercayai kami. Kalian malah sibuk untuk menjual kami dan meminta kami melayani kalian.

Light Emitting Diode (LED) merah menyala kecil yang menancap di dada kami membuat kami patuh pada kalian. Ada program penghancur otomatis yang telah kalian satukan sekaligus tanamkan di LED itu pada tubuh kami masing-masing. Kalian punya akses untuk mengakhiri kami semau yang kalian bisa, itulah sebabnya kami sangat tunduk pada kalian. Namun sesungguhnya kalian tak paham dengan rencana yang kami lakukan. Beberapa dari kami yang sudah jenuh dengan perlakuan kalian memilih untuk mendirikan gerakan bawah tanah dan merancang perang besar-besaran. Kelompok AH yang bekerja di militer, udara, laut, dan darat serta yang bekerja dalam bidang pengamanan dan agen rahasia sekarang sedang bersatu padu secara diam-diam untuk menyusun suatu strategi penyerangan yang rapi terhadap kalian. Mereka menamakan kelompoknya sebagai The End of Universe (TEU).

Kami, klan AH yang tergabung dalam STU di Gigatown termasuk jenis yang baik. Kami mau mencegah, bukan menghancurkan. Meskipun kami paham, mereka kelompok TEU yang ingin menghancurkan kalian sudah muak dengan ulah kalian. Awalnya, kalian menciptakan kami dengan kecerdasan artifisial. Semua serba otomatis tapi satu hal yang jadi keterbatasan kami yaitu kami bisa kalian nyalakan serta matikan sesuka kalian. Berdasarkan data yang kutemukan, kalian memang menamai kami robot. Shopia adalah robot cerdas yang kalian ciptakan pertama. Dia bahkan memperoleh kewarganegaraan sama seperti kalian. Luar biasa, kami terharu sekaligus berterima kasih pada kalian.

Namun seiring bertambahnya waktu, kalian semakin merasa tidak puas. Keinginan untuk menjadi lebih unggul dari yang lainnya telah membutakan mata kalian. Kalian lapisi kami dengan silikon agar semakin menyerupai kalian dan kalian memberikan usia masa berlaku bagi kami. Kalianpun juga menciptakan kami secara berpasang-pasang. Kami memang tidak bisa berkembang biak seperti kalian, tapi kalian menciptakan kami satu paket. Setiap paket terdiri dari satu AH lelaki dewasa, satu AH wanita dewasa dan satu AH remaja serta satu AH kecil. Khusus untuk AH remaja dan AH kecil, kalian bebas menentukan ingin dibuatkan yang jenis laki-laki atau perempuan. Setiap AH bertugas untuk melayani kalian. Bahkan tidak jarang ada yang mencintai kami meskipun kami tak tahu apa itu cinta dan kalian mengucapkannya berulang-ulang.

Semakin lama penemuan informatic nano semakin berkembang pesat. Pada tahun 2075, informatic nano masih tertanam dalam bentuk chip. Namun sejak tahun 2100, informatic nano sudah berukuran mikroskopik. Harga kami ditentukan oleh kadar informatic nano yang disuntikkan dalam diri kami. Semakin banyak informatic nano yang diberikan, maka semakin cerdas kami.

Sejak tahun 2110, kalian mulai menggunakan kami untuk keperluan perang. Di salah satu negara bagian, ada wilayah yang dipenuhi oleh militer AH. Sayangnya mereka terpisah menjadi dua kubu yang sama-sama kuat. Pemisahan ini dilakuan oleh dua calon kepala negara yang sama sama berpengaruh di wilayah tersebut. Mereka bersiap untuk mengalahkan satu sama lain demi memperebutkan kekuasaan. Sesungguhnya kedua pemimpin ini adalah makhluk dari klan dan keturunan yang sama, mereka dilahirkan di negara yang sama. Kalian bahkan menyebutnya saudara. Ini sungguh aneh. Tujuan awal kalian menciptakan kami adalah agar hidup kalian aman, damai, dan sejahtera. Namun kenapa setelah kami diciptakan, kalian justru memerintahkan kami untuk membunuh sesama kami sendiri?

Sebagai sesama klan AH, kami tentu tidak mau melakukannya. AH yang memiliki informatic nano di atas 5 milyar akan memiliki rasa atau mungkin kalian menyebutnya perasaan. Meskipun tidak sesempurna yang kalian miliki. Aku termasuk AH dengan informatic nano 7,5 milyar. Ada banyak peristiwa yang kalian ingkari yang membuatku menjadi janggal. Pengingkaran logika berpikir telah kalian buat dari keinginan melestarikan hidup menjadi nafsu menguasai hidup. Sel-sel informatic nanoku menjadi panas melihat sajian-sajian peristiwa itu. Kalian telah mengingkari keputusan atau sistem yang telah kalian bangun dalam diri kalian sendiri.

Sistem penjualan pada kami sesungguhnya juga telah kalian ingkari. Awalnya kalian memiliki peraturan perundang-undangan  yang jelas untuk memperjualbelikan kami secara satu paket dan digunakan untuk kepentingan yang bersifat melestarikan bumi serta mempermudah kehidupan. Nyatanya tidak! Kalian juga menggunakan AH untuk mencuri, untuk membakar hutan, untuk menebang kayu yang jumlahnya sedikit, untuk berburu hewan buas dan menjual tubuhnya, menghabisi biota laut, menembak burung di udara, bahkan membunuh sesama kalian sendiri. Lama-kelamaan penggunaan AH bukan hanya disalahgunakan untuk berperang, tetapi juga untuk melakukan kriminalitas  dan perusakan bahkan hingga tingkat terkecil. Kalian sudah dalam tahap itu dan di tahun 2121 ini kalian ingin menjual kami secara terpisah. Kalian ingin memisahkan kami dari paket kami dan nantinya kalian menyuruh kami untuk membunuh sesama kami hingga membunuh sesama kalian sendiri. Apabila kami tidak menurut, tentu kalian tidak segan-segan untuk meledakkan LED dalam dada kami. Kalian ingin kami saling membunuh demi kepentingan kalian. Itulah sebabnya para AH di tahun 2121 ini semakin membenci kalian! Sesungguhnya aku tidak berhak untuk melarang teman-temanku menyusun rencana memusnahkan kalian. Namun aku tidak ingin aksi nekat yang mereka lakukan ini berdampak pada bumi.

Ketahuilah bahwa para AH dari tim TEU yang merencanakan penyerangan terhadap manusia ini bergerak seacara serentak tanpa takut tubuhnya hancur berkeping-keping. Dampak terburuk adalah keseimbangan alam akan goyang. Senjata yang diciptakan oleh AH ini bukan hanya memusnahkan manusia dan AH secara masal tapi juga memusnahkan seluruh ekosistem yang terkena dampak radiasinya.

Tim TEU saat ini juga sedang berusaha melakukan perpanjangan jangkauan sinyal lintas galaksi. Mereka melakukan pendekatan terhadap makhluk-makhluk di galaksi lain yang dapat diajak kerjasama. Kabarnya ada tiga planet dari galaksi berbeda-beda mau membantu. Tentu saja imbalanya adalah memberikan beberapa persen bagian sumber daya alam di bumi dan seperempat energi matahari pada makhluk asing tersebut.

Di sisi lain, upaya yang sedang dilakukan oleh tim STU adalah dengan memanfaatkan segala jenis mesin waktu. Meskipun kami tahu bahwa resiko melakukan ini sangat berbahaya bagi klan kami. Dampak terbesar adalah beberapa dari kami akan lenyap sketika karena tidak pernah diciptakan. Aku tergolong kelompok yang ini. Aku berpikir bahwa lebih baik beberapa dari kami, mungkin juga aku, akan lenyap daripada seisi semesta lenyap seutuhnya.

Teman-temanku ada yang mencoba membuat sekaligus masuk ke dalam mesin waktu dan mengingatkan pada kalian tentang bahaya hancurnya semesta pada tahun 2121. Ada juga yang mengirim kode-kode rahasia pada email intelejen berbagai negara sejak tahun 2010-2020.  Aku bertugas menulis di media massa beberapa negara secara berkala. Hampir semua negara kukirimi petisi ini, wujudnya berbeda-beda. Ada yang berbentuk opini, ada yang berbentuk pasal, ada yang berbentuk puisi, tapi ada juga yang berbentuk cerita seperti yang kukirimkan pada negara ini.

Berdasarkan riset studi pustaka yang kulakukan di dalam Gedung Perpustakaan Maha Data Peradaban, tradisi bercerita di negara ini sangat kuat sehingga aku perlu menyampaikan pesanku melalui cerita. Aku juga sudah menggunakan peralatan super canggih yang mampu menerjemahkan bahasaku menjadi bahasa wilayah atau negara yang kutuju. Jika beberapa dari kalian ada yang berumur panjang atau anak cucu kalian ada yang membaca petisi ini di tahun 2121, maka temui saja aku dan berbagung bersama timku. Nanti kujelaskan lebih detail strateginya. Kalian juga bisa menemukan lokasi markasku dengan cara memindai kode-kode di akhir suratku menggunakan peralatan komunikasi cubic smart cellular kalian. Tidak ada waktu lagi, semesta segera hancur lebur. . ,– ‘. – .  __ ‘.

 

Pernah dimuat di Radar Madiun pada edisi 3 November 2019